Tips Puasa Sunnah Senin Kamis di Sekolah part 2 | Blognya Alvian Kosim -->

Tips Puasa Sunnah Senin Kamis di Sekolah part 2 | Blognya Alvian Kosim


Tips Puasa Senin Kamis di Sekolah Part 2
“Menguatkan Diri Berpuasa Sunnah”


          

           Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi di Blognya Alvian Kosim. Hari ini gue akan ngelanjutin post-an gue sebelumnya yakni:




Nah bagi kalian yang belum baca part 1, bisa dibaca dulu dari link yang di atas biar bacanya ga setengah-setengah yaa hehe. Kalian mungkin beberapa ada yang merasa, “Hmm, puasa bareng-bareng di Ramadhan aja kadang susah, gimana sendirian di sekolahan gini??” Wahh sebenernya itu gasepenuhnya bener kalo kalian udah ngelakuinnya. Yaa yang namanya ibadah, mau seringan tersenyum pun akan terasa berat karena itu ibadah.

Dalam beribadah ya udah biasa lah yang namanya gangguan dari setan. Oleh karena itu, kita harus mantapin diri dan selalu minta perlindungan kepada Allah dari godaan-godaan setan mau yang bentuknya jin ataupun manusia.

Kita mau mulai darimana yaa?? Eittss, sudah jelas lah semua diawali dari apaa


Berawal Dari Niat Kita

Berawal Dari Niat Kita
Berawal Dari Niat Kita

          


            Segala sesuatu berawal dari niat bukan? Nah dalam berpuasa senin kamis ini pastikan kalian berniat puasa karena Allah bukan karena manusia. Niat ingin dipuji manusia hanya akan mendatangkankesia-siaan. Pujian manusia hanya sampai di ujung lidahnya dan tidak berefek apa-apa. Sebaiknya kita niatkan untuk berpuasa dengan maksimal, menahan lapar dan haus serta hawa nafsu hanya karena Allah. Insya Allah kita akan mendapatkan pahala puasa sunnah dan bukan menjadi riya.




Kuatkan Diri untuk Berpuasa
Kuatkan Diri untuk Berpuasa
Kuatkan Diri untuk Berpuasa



       Setelah kalian membulatkan niat berpuasa sunnah, yang kalian harus siapkan adalah diri kalian. Bukan saja keinginan untuk puasa, tetapi kesiapan untuk berpuasa. Seperti halnya sahur yang membuat kita siap untuk menahan lapar dan haus saat berpuasa. Sahur sangatlah penting bagi kita agar bisa menyelesaikan puasa ini. Bisa saja kalian tidak sahur, tetapi dianjurkan untuk sahur karena itu sebagai bekal kalian dalam berpuasa. Contohnya sebelum Adzan Subuh kalian makan dan minum secukupnya agar kuat berpuasa. Insya Allah kalian akan kuat dan terus Istiqomah dalam berpuasa senin kamis. Jika ada niat, sudah seharusnya langkah-langkah selanjutnya akan lebih mudah.



Menahan Diri dari Hawa Nafsu

Menahan Diri dari Hawa Nafsu
Menahan Diri dari Hawa Nafsu




          Hal ini yang cukup sulit dilakukan, tapi saya Insya Allah akan memberikan tips yang ampuh buat Kalian yang sudah berniat untuk berpuasa sunnah senin kamis. Mungkin untuk ukuran anak-anak kecil seperti tingkatan Taman Kanak-kanak ataupun Sekolah Dasar, halangan terbesar mereka adalah lapar dan haus. Tapi, untuk ukuran orang-orang dewasa yang sebagian besar telah memiliki banyak beban akan merasa susah untuk menahan hawa nafsu. Seperti tugas menumpuk, pegawai yang susah diatur, beban pikiran melanda, dan juga sesuatu yang bisa meningkatkan syahwat kita.

          Tips dari saya adalah untuk terus beristighfar kepada Allah. Karena dengan meminta ampun kepada Allah, kita akan merasa lebih lega. Juga jangan lupa untuk sholat 5 waktu dengan tepat. Karena sholat akan menjaga kalian dari perbuatan keji lagi munkar. Lalu, tetap berusaha untuk menahan diri apapun yang terjadi. Ingatlah kalau kalian sedang melaksanakan ibadah yang Insya Allah akan meningkatkan derajat kalian. Terus ingat kepada niat kita di awal jangan sampai kita termakan oleh hawa nafsu kita dan puasa kita menjadi sia-sia.



Perbanyak Do’a dan Ibadah Lain

Perbanyak Do’a dan Ibadah Lain
Doa saat berpuasa Insya Allah dikabulkan oleh Allah




          Nah ini yang lebih baik lagi nih buat kalian. Tips ini sangat dianjurkan buat Kalian buat ningkatin kualitas puasa sunnah kalian. Tau gak sih kalian kalo saat berpuasa do’a kita Insya Allah dikabulkan oleh Allah? Nah pas kalian lagi puasa, banyak-banyakin deh ya buat berdo’a, karena waktu-waktu ini bagus banget buat berdo’a. Apalagi kalian berdo’a saat hari senin atau kamis pas puasa dan di waktu antara adzan dan iqomah kemudian saat itu sedang turun hujan. Wah, Insya Allah do’a kalian dikabulkan oleh Allah.

          Selain do’a banyak-banyaklah juga melakukan ibadah lain seperti shodaqoh, sholat sunnah seperti dhuha, dan lainnya. Memang sih beribadah lain seperti itu tidak harus dilakukan saat puasa sunnah saja, melainkan kapan pun kalian bisa melakukannya. Tetapi, alangkah baiknya jika kalian mendapat pahala puasa sunnah dan juga beberapa pahala kebaikan lainnya karena melakukan ibadah lain. Pasti keren kan, buat tabungan kita di dunia menuju persiapan di Akhirat kelak.



Menghilangkan Masalah Bau Mulut

Menghilangkan Masalah Bau Mulut
Menghilangkan Masalah Bau Mulut


          Sudah menjadi hal biasa bagi kita saat puasa mendapati mulut kita bau. Mungkin kita bisa kita kurangi bau tersebut dengan menggosok gigi saat sahur, tapi apa hal itu bisa bertahan sampai Maghrib? Mungkin bisa tetapi kecil kemungkinannya karena mulut kita kosong dan tidak megonsumsi apa-apa. Ada tips yang Insya Allah membantu kalian untuk menghilangkan bau mulut saat kalian berpuasa sunnah khususnya Senin Kamis.

          Tipsnya adalah pertama dengan menggosok gigi sebelum berpuasa atau saat sahur. Kenapa sih harus sebelum kita berpuasa atau saat sahur? Karena saat kalian menggosok gigi pasti berkumur-kumur kan. Nah berkumur-kumur dalam berpuasa hukumnya adalah Makhruh. Sebaiknya kita hindarin daripada kita mengurangi pahal puasa sunnah kita.

          Selanjutnya, pasti kalian akan mengalami masa mulut menjadi bau setelah agak siang atau menjelang jam 12. Kalian akan malu untuk berbicara dengan lawan bicara karena takut akan membuat mereka ilfeel dengan bau mulut kita. Nah ini tips buat kalian, yang pertama kalian harus menjaga jarak saat berbicara pas kita berpuasa. Bukan mengurangi porsi bicara kita karena mungkin kita harus berbicara dalam sehari-hari, tapi kita menjaga jarak. Dengan menjaga jarak, kita akan meminimalisir kesempatan hembusan bau mulut kita kepada lawan bicara. Sehingga kita bisa leluasa berbicara tanpa takut membuat mereka ilfeel.

          Kemudian, ada beberapa lainnya yang harus diperhatikan saat berbicara di kala berpuasa seperti hembusan angin (arah bau mulut), jarak (antara kita dengan lawan bicara), dan individu tersebut (mungkin saja hidung orang tersebut sangat sensitif dengan bau kita harus mengurangi intensitas keseringan kita bicar dengan dia).


Nah begitulah tips berpuasa senin kamis di sekolah. Mungkin ada beberapa dari Kalian yang baru mau berniat untuk puasa sunnah. Saya do’akan semoga kalian terus Istiqomah dan tips ini bisa bermanfaat buat kalian. Terima kasih sudah berkunjung di sini.


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tanyakanlah tanpa ada rasa ragu di sini :)

Click to comment

Entri Populer