Remix OS vs Phoenix OS Mana Yang Terbaik? | Review Sistem Operasi Android di PC -->

Remix OS vs Phoenix OS Mana Yang Terbaik? | Review Sistem Operasi Android di PC



Perbandingan Remix OS dan Phoenix OS

"Menentukan yang Terbaik diantara yang Baik"


phoenixos-vs-remixos


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketemu lagi bersama gue di Blognya Alvian Kosim. Oke, hari ini gue akan review lagi tentang dua buah OS Android x86 sekaligus!. Tapi, sebenernya lebih ke membandingin yang mana yang lebih bagus sih, itupun menurut pengalaman gue. Karena

"Pengalaman adalah guru yang terbaik :)"

Maka dari itu, gue bakal membandingkan antara Remix OS dan Phoenix OS dari berbagai aspek. Untuk yang mau tau detailnya di sini Review Ulasan Phoenix OS Indonesia Okedeh langsung aja yaa

Overview

remix-mini-and-phoenix-os-tablet

Seperti yang kita tau, Remix awalnya memakai OS mereka pada device buatan mereka sendiri, yakni Remix Mini yang berbentuk sebuah genggaman yang bisa langsung dioperasikan sebagai android PC dengan cara menyambungkannya kepada monitor dan juga mouse. Dengan alat sekecil ini, bisa menyimpan banyak kegunaan, keren yaa.

Lalu untuk Phoenix OS, mereka tidak memproduksi device seperti halnya Remix Mini. Mereka lebih fokus kepada pengembangan OS yang free kepada multi device seperti, Tablet, PC, dan juga mereka lebih meruncing juga ke smartphone.

Minimum Requirement (Compatibility)

Dalam minimal kemampuan device yang dibutuhkan, karena kita lebih fokus kepada PC, maka kita akan melihat untuk bagian PC.

Phoenix OS
Computers with Intel x86 processor and internal storage of more than 2G from the past five years.

Remix OS
  • 2 GHz dual core processor or better
  • 2 GB system memory
  • Minimum 8 GB of free hard drive space
  • Internet access is helpful

Jika dilihat dari penjelasan System Requirements, maka remix os menjelaskan sangat detail di sana, minimum processor, ram, juga storage. Sedangkan Phoenix OS hanya mencantumkan Processor dan storage, mungkin akan menjadi perdebatan apakah ram 500MB bisa menjalankan OS ini tanpa ada masalah? Kita lihat saja


Installation

 Disini akan dibandingkan bagaimana penginstallan dari kedua Android OS yang saling bersaing ini. Oke kita mulai list dari Phoenix OS


Phoenix OS

Jika kalian lihat di webnya Phoenix OS, maka kalian akan melihat  dua pilihan instalasi yakni,
- Exe (akan otomatis terinstall dari Windows yang siap pakai nantinya)
- Iso (menjadikan bootable)


Remix OS

Berbeda dengan Phoenix OS, jika dilihat dari web Remix OS, maka kalian melihat ada dua pilihan tipe, yakni 64bit yang support UEFI, dan 32 bit support Legacy. Pilihan instalasi mereka hanya satu, yaitu sebuah exectable yang akan mengesktrak paket-paket android dari ISO yang kemudian akan diinstall di boot berikutnya.

Jika dilihat dari segi instalasi, maka Phoenix OS akan mengungguli karena cara penginstallan yang terbilang cukup mudah karena hanya satu file executable dan semua ada di tangan. Sedangkan Remix OS tentu akan cukup sulit untuk orang-orang awam yang ingin sekedar mencoba.

Yuk dilihat dulu disini

Nulungan Studio Sosial Media Marketing Manajemen Jakarta Bekasi

Fitur- fitur

Kemudian, kita beralih ke perbandingan dalam segi fitur, oke akan kita list di bawah ini:

Desktop                 : 
- Remix OS dengan tampilan seperti WIndows yang minimalis dan elegan ditambah wallpaper keren pegunungan asli dari Remix OS.

- Phoenix OS juga tampil dengan adopsi dari Windows. Hampir sama dengan Remix OS.

Button                    : 
- Remix OS sebagai Android PC tentunya akan menyediakan tombol button sebagai khas android smartphone yakni back, home, ataupun recent apps. Remix OS mempunyai button di sebelah kiri, tepat sebelah start menu. Mungkin akan sedikit pangling ketika ingin menekan start menu malah tertekan tombol button :(.

- Phoenix OS juga tidak mau kalah, mereka juga punya button, tapi di sebelah kanan. Tentu akan memudahkan bagi user Windows yang telah terbiasa menekan ujung kanan bawah sebagai pintasan menuju home (desktop)

Start Menu              :
- Remix OS memiliki start menu yang cukup mirip dengan WIndows dan ada fitur drag and drop yang sangat memudahkan penggunaan sehari-hari, ditambah fitur hold untuk beberapa pilihan diganti menjadi klik kanan.

- Phoenix OS juga memiliki start menu yang hampir mirip dengan Remix OS, namun mereka menemukan sisi lain mereka, yakni dengan menambahkan mode full screen start menu layaknya Windows 8 yang mungkin akan sangat variatif bagi sebagian orang.

Ethernet                   :
- Keduanya sama- sama memiliki Ethernet yang hampir sama tak ada pembeda

Key Mapping            :
- Remix OS memiliki Key mapping yang berguna untuk memainkan game yang punya lebih dari satu area sentuh. Mereka baru meluncurkannya saat versi 2.0.

- Phoenix OS juga tidak kalah, mereka punya Key Mapping yang sama, sebagai saingan hampir tidak diketahui kapan pastinya mereka merilis fitur ini, namun yang pasti adalah mereka saling berkembang dan terus berinovasi.

Browser                    :
- Remix OS mempunyai browser bawaan yaitu Chrome dari Google. Sudah terbukti bagaimana lancarnya browser Chrome ini. Kelebihannya adalah Chrome switcher yang akan mengubah mode tampilan Chrome yang tadinya tampilan PC menjadi Mobile, keren kan :).

- Phoenix OS punya browser bawaan yang berasal dari lokal sebagai ketaatan pada pemerintah China untuk menggunakan produk lokal, yakni Stardust Browser, sama seperti Chrome namun tidak punya Chrome Switcher. Saking taatnya, awalnya Phoenix OS tidak terbundle dengan Play Store yang akan membantu untuk mencari aplikasi baru.

phoenixos-desktop
Desktop dan Start Menu Phoenix OS


Performa

Nah, bagian ini mungkin yang kalian tunggu yaa gaes. Oke kita masuk ke segi performa dari OS Android Remix OS vs Phoenix OS Perbandingan Performa. Menurut pengalaman gue yaa. Gue menguji ini dengan PC spek seperti ini:


Nah, kita mencobanya dengan beberapa aplikasi untuk mengetes performa dari Phoenix OS maupun Remix OS, maka didapatkan seperti ini listnya:

File Transfer                      : Lancar keduanya

Styling and Appearancing : Lancar keduanya

Office, Learn, and Work    : Lancar keduanya

Browsing                           : Lancar di Phoenix OS sempat Hang di Remix OS

Play Store                         : Sempat keluar sendiri di kedua OS tanpa pemberitahuan, tapi aplikasi yang sedang installing tetap terinstall.

Antutu Benchmark            : Di Remix OS mendapat Score 98K dengan spek di atas, sedangkan Phoenix OS mendapat 91K :(.

Kondisi Hardware             :  CPU overheating no, tapi di Remix OS, CPU Fan terkontrol fast dengan sendirinya

Social Media                     : Keduanya lancar, tapi untuk Remix OS, Instagram tidak bisa melihat story

Social Media(Multitask)     : Lancar smooth di Phoenix OS tapi Freeze lalu restart di Remix OS :(

Gaming!!                            : Lancar di keduanya, game apa saja, COC, Get Rich, Mobile Legends, Asphalt 8, dll Tentunya  dengan fitur Key Mapping yang memudahkan :).

coc-on-phoenixos
COC di Phoenix OS


Kesimpulan

Nah, di bagian ini gue bakal nyimpulin hasil review perbandingan antara Remix OS vs Phoenix OS Mana Yang Lebih Baik?

Dari Segi Overview, mungkin Remix OS lebih unggul  karena mereka lebih banyak mengembangkan OS ini di banyak device termasuk device buatan mereka sendiri. Kemudian, dari penjelasan Minimum System Requirement, maka Remix OS akan unggul kembali karena penjelasan yang cukup Cleared membuat orang tidak bingung.

Selanjutnya, di bagian Installation, sepertinya Remix OS harus mengalah karena kemudahan dan kepraktisan dari Phoenix OS dalam hal penginstallan akan membuatnya menjadi pemenang dalam bagian ini. Namun, mereka berdua harus sama- sama bertahan karena dalam bagian fitur- fitur mereka unggul di beberapa aspek. Untuk performa, khususnya bagi kalian yang suka gaming akan terlihat Antutu yang sangat besar dari Remix OS, namun dengan score yang cukup besar pula Phoenix OS dapat membawa PC dengan spek di atas dengan cukup stabil, maka diambillah Phoenix OS.

Pemenang dari perbandingan ini adalah:

T   I    D    A   K        A     D    A

 Kenapa tidak ada? karena menurut pengujian di atas, hasilnya adalah seri :). Ditambah mereka berdua ini masih dalam tahap pengembangan yang membutuhkan waktu untuk rampung atau Final Stable.

Maka pilihan ada di tangan anda, keberuntungan juga bermain di sini, device sama, spek sama tidak selalu menghasilkan sesuatu yang sama. Maka pilihlah dengan bijak :)

 Oke, sekian dari gue. Semoga review ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian sebagai referensi Android x86 terbaik.

See Yaa
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

37komentar

avatar

Nice post gan, keep it up

avatar

Sip gan, tq udah berkunjung :)

avatar

Wahh akhirnya ada perbandingannya yaa, tapi sesuai device kita juga gan bener agan itu karena masih dalam pengembangan tahap beta, nice post gan

avatar

postingnya malem-malem hihihi

avatar

Yap bener banget gan, tq udah berkunjung

avatar

Hahaha, iya kak bisanya malem-malem soalnya hehe, makasih udah berkunjung kaaka

avatar

di Remix os saya coba main mobile legend ktika mau chat dlm game/terganggunya permainan, pasti hang & harus di restart dlu, jadi sy mw cba phoenix dlu

avatar

di Remix os saya coba main mobile legend ktika mau chat dlm game/terganggunya permainan, pasti hang & harus di restart dlu, jadi sy mw cba phoenix dlu

avatar

loh.. remix udah stop pengembangannya kali gan..

avatar

Openthos mirip remix os


kunjungi Juga hiddentricksfl.blogspot.com

avatar

Iya mungkin itu karena masih bekum final gan, jadi masih cocok cocokan aja hehe, sip gan silahkan dicoba dulu

avatar

Sejauh ini sih mereka masih ngembangin Remix OS, kan juga kebetulan mereka JiDe punya RemixMini produknya yang harus dikembangin juga tuh

avatar

Wah iya, OS punya China juga yaa. Tapi kentel banget Chinanya. Sip gan makasih udah berkunjung

avatar

Nice Inpo Gan..
Phoenix versi 2.2.1 udah support google play Gan. Mau nanya nih, kalo connect dari HP ( penambatan USB dan Bluetooth) bisa gak gan selain harus thetering wifi portable..

Thanks Gan..

avatar

Iya gan, sudah supported dengan Play Store. Maksudnya gan? konek hp apanya ya?

avatar

bukannya remix udah gak dikembangin jide lagi, aku aja pakek phoenix featuring jendela sekarang

avatar

Ane pake phoenix Os gan Tapii ane belum ngertii gimana cara aktifin enthernet menggunakan Modem .. Pliss penjelasanya sedetail detailnya

avatar

Ohh, kalo itu sih jujur saya pake modem kabel Indiehome. Nah abis booting, si Phoenix OS ataupun Remix OS sama-sama langsung mengenali Koneksi saya jadi belum ada masalah hehe, memangnya mas modem apa?

avatar

Dari segi tampilan, sy lbih suka ama RemixOs... Karna style nya hmpir mirip ama Windows 10...

Istilahnya "kekinian"

Agak flat-flat gimana gitu... 😵

avatar

hihihi iya gan dari tampilan emang terlihat menang remixOS karena UI-nya ga kaku banget :)

avatar

Dua"nya baik, hehehe

avatar

iya memang mas hehehe gabisa dinilai yang terbaik karena dilihat dari perspeksi masing-masing orang

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Gan bisa ga sih instal remix os dan phoenix os sekaligus? jdi ketika boot ada 3 pilihan os yg mau dijalankan, windows, remix, phoenix? thanks mohon dijawab

avatar

bisa aja gan, cuma bedain partisi aja antara remix dan phoenix tapi karena remix pengembangannya udah berhenti sebaiknya sih pakai phoenix saja

avatar

di spek low end kira kira phoenix os lancar ngga gan?
mau main pubgm lah

i5 2500m 2.5ghz
4gb ram
intel HD Graphic 3000
120GB HDD Storage sisa 25 GB

kira kira makan storage nya brp y gan

avatar

segitu sih harusnya lancar kok, tapi storagenya agak sesak tuh, storage pilihannya antara 8,16, dan 32GB. Tapi ane stabil di 16GB

avatar

mantab gan.. ini mau nyobak phonix os.. ni dah istal remix os.. kayak nya remix os ada bug .. suka pindah sendiri aplikasinya.. dan bwat share id harus sering2 di riset setingan network wifi.. sementara phonix belum nyobak se😀

avatar

emang gan haha, remix os sekarang sudah berhenti developmentnya jaid sebaiknya pilih phoenix os aja yaa

avatar

Sayang Remix Terhenti Padahal Lebih Dulu remix yg go international(Keluar china)Moga aja Phoenix gk discontinue dan bisa improve lagi osnya

avatar

iya dulu remix terkenal banget karena dia aja udah built in play store dimana padahal aturannya kalo di China mereka gaboleh pake produk luar aturannya ketat. Semoga aja phoenix terus dikembangin sampe versi stable

avatar

mantap sim semangat

avatar

Klo saya pakai remix os yang sudah di unroot, kayanya stabil nda ada mslah.

avatar

kalo saya sih memang belum di root juga, tapi itu dari kecocokan device masing-masing sih mas hehe

avatar

Mantap, kebetulan lagi cari-cari artikel kayak gini. Keep it up gan!

Tanyakanlah tanpa ada rasa ragu di sini :)

Click to comment

Entri Populer