Mengganti Casing PC dengan Kardus PC Kardus Indonesia | Blognya Alvian Kosim -->

Mengganti Casing PC dengan Kardus PC Kardus Indonesia | Blognya Alvian Kosim


Mengganti Casing PC dengan Kardus
“PC jadi Portable Maksimal Wkwk”

Review Alvian Kosim PC Kardus Indonesia
Review Alvian Kosim PC Kardus Indonesia


          Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Wah ketemu lagi bersama gue di Blognya Alvian Kosim di tahun 2018 ini gue akan posting tentang Review PC gue yang dibongkar casingnya sehingga digantikan dengan sebuah kardus sepatuu!!



Bisa baca dulu ini : Tragedi Laptop Ga Sampe-sampe di JNE YES Ngarett




          Nah, jadi pas liburan semester satu kemaren, gue ada pikiran buat ngebersihin pc gue yang udah berguna banget selama beberapa tahun deh. Pas gue lagi bersihi debu, gue punya ide buat ngebersihin sampe ke inchi terdalem dari casing dan PC gue ini. Akhirnya, gue lepas segalanya dari PC gue sampe backpanel bawaan casing gue copot juga.


          Beberapa waktu berlalu, gue jadi males gitu kalo gue pasang lagi ya biasa aja, gue tuh mau sesuatu yang beda. Masa tahun baru doang, gada lagi yang baru wkwk. Maka dari itu gue berpikir untuk melakukan sesuatu yang aneh. Dari ngasih pasta pake odol, sampe ngasih minyak di kipas VGA udah gue lakuin. Akhirnya ilham pun datang.

          Gue ada pikiran gimana kalo gue ganti aja nih casing dengan sesuatu yang gaberat dan garibet gitu yang mana gue harus copot pasang baut, ngencengin hardisk, sampe lepasin DVD ROM. Gue sempet berpikiran buat ganti jadi toples segi empat yang gue punya dan biasa gue pake buat naro gorengan. Cukup gede sih, muat juga PC-nya, tapi masalahnya adalah karena PC ini membutuhkan lobang untuk back panelnya, masa gue harus lobangin tempat gorengan gue. Gue berpikir yang lain lagi.

          Setelah berpikir lain-lain, tercetuslah ide yang terinspirasi dari meme yang pernah gue liat yakni dia menempelkan motherboardnya di tembok dan dengan santainya memainkan PC dengan aman. Gue punya pikiran buat naro di tempat yang ringan. Tercetuslah, “KARDUS”. Dari kardus laptop sampe kardus besek gue cobain gada yang bener. Akhirnya gue nemu satu yang pas, yakni Kardus sepatu gue yang bermerk K-Z**t. Ukurannya pas dan bisa dilobangin tanpa khawatir gabisa naro gorengan lagi wkwk.

          Gue taro dari mainboard, PSU, pasangin kabel, lobangin kardus untuk back panel, dll sampe 100%. Gue pastiin dapet sirkulasi yang bagus dan debu yang gaterlalu parah. Gue tempatin PC ini di deket hembusan kipas angin (adem kan tuh) dan juga debunya bakal ketiup terus. Nah ini lah penampakan PC Kardus.


Review Alvian Kosim PC Kardus Indonesia
PC Kardus ASUS Codename: Hamilton Size 42 Color Black Wkwk

Review Alvian Kosim PC Kardus Indonesia
PC Kardus PSU dan Kabel serta Front Panel

Review Alvian Kosim PC Kardus Indonesia
PC Kardus Dari Atas dalam Posisi Menyala


          Untuk spesifikasi PC di atas, bisa diliat di postingan yang ini, karena persis PC yang dipake sama juga. Benchmark juga bisa dilihat di sini.

Video Youtube Reviewnya





Nah, ini beberapa ulasan singkat dari gue.

Overview

Nah, PC kardus ini cukup unik diliat mata karena dari luar diliat kardus tapi bisa dinyalain dan kuat main game PB ataupun DOTA 2. Beberapa perakit PC pasti gabakal ngerekomendasiin karena taulah itukan Cuma “kardus” yang emang notabenenya buat packig dan bukan buat casing PC. Untuk yang belum ngerti perakitan PC bisa belajar-belajar dulu buat ngelakuin ini wkwk. Karena semua hal yang terjadi atas PC Anda setelah memodifikasinya menjadi PC kardus bukanah mejadi tanggung jawab saya.

Performa

Untuk performa sendiri jujur saya lebih puas dengna PC kardus ini. Karena menurut opini saya, dengan PC Kardus ini debu atau kotoran yang masuk bisa dengan mudah terlihat dan bisa langsung dibersihkan. Sangat berbeda saat menggunakan casing konvensional (emang sih casingnya Simba00a). Saat menggunakan casing, ebu yang menumpuk kadang tak terlihat karena tertutup. Performa dalam bermain game atau melakukan browsing saja tidak ada perubahan, masih sama seperti saat memakai casing. Game-game yang telah dicoba sama seperti sebelumnya, seperti Dota 2, CSGO, Minecraft, PB, PES,dll.

Suhu

          Jawaban sama seperti di bagian performa, saya lebih puas dengan menggunakan kardus ini mungkin karena hembusan kipas yang bisa lebih leluasa masuk ke motherboard ketimbang dengan casing yang tertutup lagi berdebu. Suhu yang biasanya bisa sampai 59 derajat celcius saat full, bisa ditekan hingga 48 derajat celcius!!! Lumayan lah 10 derajat juga masih berasa perubahannya.

Keuntungan dan Kerugian

Nah untuk keuntungannya, seperti yang sudah dijelaskan tadi,
  • - Terlihat simple karena sebesar kardus sepatu
  • - Debu terkontrol, malah overkontrol karena ngeliatin terus PC-nya
  • - Lebih adem karena semriwing angin bisa masuk
  • - Bisa membuat Anda terlatih ngerakit PC dan ngebongkarnya juga mengahafal urutan kabel front panel yang kadang bikin pusing wkwk

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan yang cukup mendesak sih,

  • -      Kabel terlihat berantakan karena gakada jalur pengkabelan
  • -      Ringkih kalo ada yang lewat abis cuci rambut terus ngibasin kepalanya ke arah sana, dipastikan langsung tewas PC-nya wkwk.
  • -      Kurang kerjaan, iya sih karena ada casing pake kardus wkwk
  • -      Nyetrum-nyetrum manja, nah ini yang kampret, karena PSU dan motherboard keliatan dan bisa langsung lo sentuh tanpa perantara casing, maka siap-siap kalo lagi main dan nyenggol ZZTTTT rasain setruman manja wkwk
Kesimpulan

Kesimpulannya, kalo Anda siap untuk menghadapi resiko di atas ya coba aja gapapa itung-itung buat pengalaman aja toh nantinya bisa dituker lagi kok. Nah buat Anda yang gasiap yaudah jalanin hidup Anda kayak biasa. Kalo belum cukup pengetahuan belajar dulu jangan asal bongkar doang eh malah berantakan salah tarik patah dan tamatlah riwayat PCmu.

Akhir kata saya mohon maaf, terima kasih sudah membaca artikel yang cukup menggugah selera merakit Anda serta keinginan untuk melakukan sesuatu yang aneh. Semoga kalian bisa bijak dengan mengambil semua yang baik dan meninggalkan semua yang buruk.



Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tanyakanlah tanpa ada rasa ragu di sini :)

Click to comment

Entri Populer