Tragedi Kelam G30SPKI : Hawa Nafsu yang Tak Terkendali | Blognya Alvian Kosim -->

Tragedi Kelam G30SPKI : Hawa Nafsu yang Tak Terkendali | Blognya Alvian Kosim



Tragedi Kelam G30SPKI
“Hawa Nafsu yang Tak Terkendali”


Hasil gambar untuk PKI
Lambang PKI

G30SPKI atau Gerakan 30 September PKI adalah suatu gerakan atau usaha yang dilakukan oleh PKI untuk menurunkan kekuasaan dari para Dewan Jenderal yang dianggap sebagai suatu ancaman. PKI di Indonesia yang memiliki sangat banyak anggota tentunya sangat kuat keberadaannya.

Di malam hari 30 September atau hingga 1 Oktober terjadi penculikan atas 7 Dewan Jenderal TNI yang dilakukan oleh anak buah PKI. Semua ditangkap dan ditahan, keculai A.H.Nasution yang berhasil lolos karna lompat pagar ke sebalah rumahnya dan bersembunyi di tong hingga pagi hari.

Sudah tersebarnya isu Soekarno yang sakit dan dikabarkan meninggal membuat kondisi Indonesia semakin tidak seimbang dan banyak gerakan-gerakan yang membuat persatuan goyah.

Soeharto yang mengambil alih pimpinan Angkatan Darat kemudian menyuruh anggota kepercayaannya untuk menumpas PKI yang menyebarkan berita palsu di RRI serta melakukan penculikan terhadap jenderal-jenderal. Soeharto pertama-tama melakukan perebutan terhadap RRI. Selanjutnya, Soeharto dan angkatan darat menuju markas PKI tapi, para pimpinan dan tentara yang berafiliasi dengan PKI lolos.

Pertemuan dilakukan antara Soeharto dan Soekarno di Istana Bogor membuahkan hasil dengan Soeharto dijadikan sebagai pemimpin Angkatan Darat. Kemudian Soeharto melakukan investigasi untuk menemukan mayat Jenderal yang ternyata dikubur dalam sebuah sumur.

Hasil gambar untuk 7 pahlawan revolusi
Pahlawan yang gugur saat malam 30 September

Dalam pengangkatan jenazah Jenderal, Seoharto membacakan pidato bahwa kita sebagai rakyat Indonesia harus melanjutkan perjuangan para pejuang ini. Akhirnya, jenazah para Jenderal dimakamkan di tempat lain dari sumur pembunuhan tersebut.

Demokrasi terpimpin bisa runtuh dikarenakan beberapa faktor, yakni:
-        -  Gerakan 30 September PKI yang membuat trauma masyarakat dan terjadinya kudeta terhadap pemerintahan
-        -  Isu meninggalnya Soekarno yang membuat ketidakseimbangan dalam persatuan Indonesia menyebabkan banyaknya gerakan perlawan seperti petani.



Terima Kasih

Tanyakanlah tanpa ada rasa ragu di sini :)

Click to comment

Entri Populer